Subscribe to my full feed.

Minggu, 01 Juli 2007

Erman Soeparno: Tak ada Deportasi massal TKI

Jakarta - Menakertrans Erman Suparno menepis kabar deportasi massal TKI dari Arab Saudi. Dia juga meyakini tidak ada satu pun TKI yang dipenjara di sana.Namun diakuinya, ada ratusan TKI bermasalah yang nantinya akan dipulangkan ke Tanah Air.

"Tidak benar bahwa ada deportasi massal dan tidak benar ada 4.000 TKI dipulangkan. Tapi secara reguler TKI bermasalah diselesaikan dan dipulangkan," kata Erman di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (25/6/2007).


Erman menjelaskan, sebagian besar TKI yang dipulangkan adalah TKI ilegal. Kebanyakan mereka tertangkap dalam sweeping Imigrasi karena kasus penyalahgunaan izin tinggal dari umroh atau haji menjadi pekerja.Sedangkan TKI legal juga ada yang statusnya kini menjadi ilegal karena kasus overstay.


"Tapi tidak ada yang dipenjara atau kena denda," imbuh Erman.Dijelaskan Erman, pemerintah kerajaan Arab Saudi dalam waktu dekat akan mengeluarkan peraturan baru untuk penanganan TKI ilegal. Namun sudah ada kesepakatan bilateral, bagi mereka yang dokumennya bisa diputihkan akan diputihkan.


Sedangkan bagi mereka yang dipulangkan, maka biaya pemulangan menjadi tanggungan pemerintah Arab Saudi.Sementara bagi para majikan yang kedapatan mempekerjakan TKI ilegal, juga dapat dikenakan sanksi berat, baik sanksi pidana maupun denda."Ini peringatan juga bagi kita agar ke depan hati-hati mengirim TKI. Betul-betul jujur dan legal," tegasnya
.

Tidak ada komentar: